Selasa, 30 Agustus 2016

JENIS JENIS KUNCI DI TATA GRAHA




Kunci kmar hotel sangat penting, baik bagi petugas tata graha maupun bagi tamu. Keamanan tamu dan barang barang milik tamu di kamar hotel sangat bergantung pada pengamanan kunci tersebut. Tamu yang pergi keluar hotel harus menitipkan kunci pada reception.
Jenis jenis kunci di tata graha adalah sebagai berikut:

  1. Pass Key
Pass key adalah kunci kamar yang dibawa oleh room boy atau room maid selama bertugas. Roomboy atau roommaid mendapat satu seksi yang terdiri dari beberapa kamar. Jadi, jumlah kunci sama dengan jumlah kamar dalam satu section. Misalnya bila satu seksi terdiri dari 20 kamar, maka room boy atau room maid membawa satu bendel kunci yang terdiri dari 20 kuni kamar.
  1. Master Key
Master key adalah sebuah kunci yang dibawa oleh floor captain yang dapat digunakan untuk membuka semua kamar yang ada dalam satu floor/blok. Bila kamar di double lock maka harus menggunakan master key double lock
  1. Grand Master Key
Grand Master Key adalah sebuah kunci yang dibawa oleh executive housekepeer atau general manager. Kunci tersebut dapat digunakan untuk membuka semua kunci kamar hotel
  1. Emergency key, atau Double lock key
Emergency key adalah satu kunci grand master khusus untuk membuka kamar yang di double lock oleh tamunya dari dalam. Kegunaan lain dari kunci itu adalah dapat digunakan untuk mengunci double lock pada pintu kamar, agar pintu kamar tidak dapat dibuka dengan pass key, guest key, atau master key.
  1. Guest Key

Guest key adalah kunci kamar hotel yang dibawa oleh tamu. Sesuai dengn kamar yang disewa.
pass key/ guest room key

Tidak ada komentar:

Posting Komentar