Kamis, 25 Agustus 2016

HOUSEKEEPING DEPARTMENT (departemen Tata Graha)




 
good housekeeping hotel
Housekeeping department adalah salah satu departemen yang ada di hotel yang bertugas dan bertanggungjawab menjaga kebersihan, kerapian, kenyamanan, kesehatan, serta keindahan area hotel kecuali kitchen area.
Tugas utama seorang pramu graha adalah membersihkan dan merapikan kembali kamar tamu, serta menjaga kebersihan kebersihan di area area umum baik yang didalam hotel maupun di luar hotel seperti koridor, lift, lobby, lounge, restaurant, bussines center, meeting room, parkir area (bassement), kolm renang , tangga darurat, dll.
Selain tugas utama tersebut, seorang pramugraha juga bertugas untuk menjaga usia dan kndisi alat alat yang diperguanakan agar dapat berfungsi secara baik dan maksimal.
Dalam departemen tata graha, pimpinan tertinggi dipegang oleh seorang housekeeper yang di bantu assistent housekeeper dan masing masing supervisor yang bertugas terhadap seksinya masing masing. Beberapa seksi yanga ada di departemen tata graha diantaranya Publick area, floor (room), gardener, order taker, dan linen and uniform (secara department masuk tata graha, secara operasional masuk Laundry department).

Publick area section adalah salah satu seksi yang ada di Housekeeping department yang bertanggungjawab atas kebersihan, kerapian, dan kelengkapan semua hotel kecuali kitchen area.

A.Tugas dan tanggungjawab Publick area supervisor
  • Memberi pengarahan pada publick area attendant
  • Mengawasi pekerjaan publick area attendant
  • Mengecek semua tempat yang menjadi tanggungjawab Publick area attendant
  • Mengisi log book

B. Tugas dan tanggungjawab Publick area attendant
  • Menjaga kebersihan area umum
  • Melaporkan setiap ada alat maupun perlengkapan hotel yang rusak
  • Melaksanakan pekerjaan secara periodik menurut jadwal yang telah dibuat pesan
  • Melaporkan pekerjaan yang belum selesai kepada atasan

C. Tugas dan tanggungjawab room attendant
  • Mengenakan seragam hotel, sepatu dan kaos kaki yang ditentukan
  • Selalu tepat waktu, dan bila ada halangan memberitahu sebelumny
  • Setelah tugas harus segera meninggalkan hotel
  • Segera lapor  paada supervisor atau kantor tata graha jika menjumpai tamu yang sakit dan hal hal yang mencurigakan misalnya pencuri atau skipper
  • Bila ada tamu tidak dikenal minta dibukakan pintu, harus mempersilahkan tamu tersebut untuk menghubungi resepsionis
  • Melaprkan pekerjaan yang belum selesai kepada shift berikutnya
  • Jika keluar masuk hotel harus melalui pintu karyawan
  • Harus ramah dan memberi salam kepada tamu
  • Melapr kepaada supervisor bila ada barang hotel ang hilang
  • Melapr dan membawa lost and found kepada supervisor

D. Hal hal yang tidak boleh dilakukan room attendant saat sedang bekerja
    1. meninggalkan room boy station tanpa iyin supervisor
    2. merokok dan berbicara keras keras ditempat kerja
    3. makan dan mengunyah permen saat sedang bertugas
    4. mengangkat dan menjawab telepon untuk tamu di kamar tamu
    5. berjalan jaln di floor atau koridor saat sedang tidak bertugas
    6. minum minuman keras saat bertugas
    7. mengobrol dengan tamu
    8. meminta tip kepada tamu
    9. menghidupkan radio atau televisi dikamar tamu
    10. mengajak teman berkunjung ke hotel
    11. membaca surat kabar atau majalah di kamar tamu
    12. datang ke hotel saat sedang libur tanpa keperluan
    13. menyimpan barang tamu di locker
    14. memberikan kunci kamar (pass key) kepada orang lain
    15. menggunakan fasilitas tamu (lift, toilet, stair/elevator, etc)
    16. membawa barang tamu tanpa ijin
    17. meninggalkan hotel dengan seragam dan membawa pass key

E. Hal hal penting yang harus diperhatikan mengenai sopan santun karyawan

  1. semua karyawan tat grha harus ramah terhadap para tamu dan karyawan lain
  2. mmmengucapkan salam kepada tamu sesuai waktu
  3. tidak pilih kasih kepada tamu
  4. memberikan pelayanan yang ramah dan berusaha mengingat nama tamu
  5. jangan berdiri tepat di depan tamu saat berbicara dengan tamu
  6. selalu memperhatikan tamu
  7. jangan memberi infrmasi tentang manajemen hotel dan rahasia perusahaan kepada tamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar