Selasa, 30 Agustus 2016

RESERVASI HOTEL


Reservasi adalah sebuah proses perjanjian berupa pemesanan sebuah produk, baik barang maupun jasa dimana pada saat itu telah terdapat kesepahaman antara konsumen dengan produsen mengenai produk tersebut, namun belum di tuntut oleh sebuah transaksi jual beli.


  • Tugas reservationist :
    1. menjawab telepon yang masuk yang berhubungan dengan pemesanan kamar sesuia dengan standar manner yang berlaku
    2. menindaklanjuti dan menyelesaian pesanan kamar yang masuk baik melalui telepon, telex, faximile, surat, telegram, dan secara langsung datang ke hotel untuk melakukan pemesanan.
    3. memproses pemesanan kamar secara langsung tanpa ditunda tunda.
    4. melakukan persetujuan terhadap pemesanan kamar ataupun melakukan penolakan karena sudah full booked
    5. memperoses dan menyelesaikan masalah pembatalan pemesanan maupun no show (tamu tidak jadi check in tanpa pemberitahuan)
    6. melakukan penawaran terhadap kamar yang lebih tinggi pada saat menerima pemesanan kamar melalui telepon.
    7. menjelaskan kepada pemesan fasilitas yang dimiliki
    8. melakukan tndakan antisipasi yang baik pada saat stuasi hotel sedang over booked
    9. mengarsip dengan baik serta menyimpan semua berkas pemesanan kamar
    10. selalu waspada dan memperhatikan perkiraan kamar yang ada.
    11. mengirim surat persetujuan pemesanan kamar.
  • Manfaat pemesanan kamar bagi hotel :
    1. hotel akan mendapatkan informasi dari tamu sebelum tamu tiba, sehingga hotel dapat menyiapkan perlengkapan yang diperlukan saat check in
    2. hotel dapat memblocking kamar
    3. hotel dapat membuat perkiraan

  • manfaat pemesanan kamar bagi tamu :
    1. tamu mendapatkan kamr yang telah dipesan sudah tersedia pada saat check in
    2. tamu dapat memperkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan selama menginap di hotel.

  • Klasifikasi Reservasi :
1.      Individual reservation
Adalah pemesanan kamar untuk seorang calon tamu, pasangan, atau keluarga kurang dari 10 kamar
2.      Group reservation
Adalah pemesanan kamar yang dibuat oleh agen perjalann atau perusahaan lebih dari 20 kamar
3.      Conference reservation
Adalah pemesanan kamar untuk sebuah rombongan yang akan melakukan peertemuan di hotel.

  • Tipe Tipe Reservasi
    1. Pemesanan kamar bergaransi
Suatu pemesanan kamar yang disertai jaminan pembayaran
    1. pemesanan kamar tidak bergaransi
suatu pemesanan kamar yang tidak disertai jaminan apapun
    1. confirmed reservation
pemesanan kamar yang telah disetujui oleh pihak hotel dangan bukti surat kepastian tentang pemesanan kamar (confirmation letter)


  • Sumber Reservasi
    1. perusahaan
    2. biro perjalanan
    3. airlines company
    4. kantor pemerintahan
    5. hotel representative
    6. tamu hotel
    7. car rental company
    8. central reservation system
    9. aplikasi reservasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar