Sabtu, 24 Desember 2016

PENGERTIAN HOTEL



Beberapa pengertian hotel :
  1. HOTEL adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh palayanan penginapan berikut makan dan minum
  2. HOTEL adalah sejenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, maknan dan minuman serta lainnya bagi umum, yang dikelola secara komersial.
  3. HOTEL adalah sebuah pendirian yang menyediakan penginapan dan makan untuk membayar
  4. HOTEL adalah sebuah penginapan yang dapat didefinisikan sebagai suatu usaha yang bisnis utamnya adalah menyediakan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum, yang dilengkapi satu atau lebih dari layanan berikut : makan dan minum, layanan petugas pembersihan kamr, layanan seragam (laundry) dll.
 Secara garis besar, Hotel mempunyai ciri sebgai berikut :
  1. produknya bernuansa kebersihan, kamar yang nyaman, mekanan atau minuman yang enak
  2. hampir semua hotel adalah padat karya
  3. memiliki bangunan yang memerluka pemeliharaan fisik secara terus menerus dan berkesinambungan
  4. faktor courtesy dan pelayanan memegang peranan yang sangat penting
  5. bertanggungjawab terhadap tamu. baik yag menginap maupun yang tidak menginap.
dalam sebuah hotel ada petugas yang bertugas pada bagian depan (front liner) dan ada juga yang bertugas di bagian belakang (back office). berikut pembagian tugas di hotel :

1. Front of the House
bagian ini biasa disebut sebagai front liner karenamerupakan bagian yang secara langsung berhubungan dengan tamu. bagian ini meliputi beberapa departement seperti :
  • Front Office Dpt
departemen ini menangani proses penjualan kamr, penyambutan tamu, registrasi tamu, memberikan dan memperpanjang kunci kamar sampai menangani sistem pembayaran. berfungsi juga sebagai pusat informasi tamu.
  • Housekeeping Dpt
 Departemen ini menangani penyiapan kamar dan lingkungannya sesuai standar hotel tersebut ehingga tamu merasa nyaman dan berkesan
  • Food and Beverage Dpt
Departement yang berfungsi menangani pelayanan yang berkaitan dengan penyediaan dan penualan makanan/minuman
  • Accounting Dpt
Accounting departement adalah sebuah departemen abu abu di hotel yang mempunyai 2 kategori. departement ini ada yang langsung berhubungan dengan tamu, ada juga yang tidak. pelayanan yang terkait dengan departement ini terkait dengan keuangan dan pembayaran. salah satu petugas accounting ada yang mempunyai departement ganda yaitu FO cashier. secara strukturisasi seorang kasir kantor depan berada di Accounting Departement, namun pada operasional sehari harinya FO cashier berada satu counter dengan Reception di Front Office Departement

2. Back of the House
 bagian ini tidak langsung berhubungan dengan tamu, meliputi:
  • Human Resource Dpt (HRD)
Departement ini menangani sumber daya manusia, mulai dari proses penyediaan, penempatan, pengembangan, hingga proses pemberhentian.
  • Store Dpt
Departement yang berfungsi menangani pergudangan untuk keperluan hotel
  • Purchasing Dpt
Menangani masalah pengadaan barang kebutuhan hotel
  • Cost Control Dpt
menangani hal hal yang berkaitan dengan pengendalian biaya dan saran saran untu itu
  • Enginering Dpt
Menangani masalah yang berkaitan dengan kelancraan opersional bangunan termasuk pemeliharaan dan perbaikan, baik yang nmekanikal maupun yang makinal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar